Monday, October 04, 2010

mumbling and dreaming

oh oh oh, ke mana ide dan inspirasi itu pergi?
tiap malam aku mendapatkan ide dan kalimat pembuka,
namu terlalu malas untuk mencatatnya.
dan sekarang saat aku ingin mengembangkannya...kemana dia menyelip??!
aaarghghghh..!

tadi malam menyenangkan.
ke plasa senayan bertemu teman-teman.
ke kinokuniya mencari novel.
ngobrol-ngobrol dan tertawa.
pulang menyusur jakarta dengan busway hari minggu yang sepi.

aku mendapat banyak inspirasi dan cerita
tetapi pikir khayalku hanya aktif di malam hari.
aku pun bodoh karena merasa tidak perlu untuk menuliskan ide itu segera.
ah kesal rasanya.

aku merasa bisa membuat sesuatu yang bagus padahal.
hmm..

semalam temanku bercerita tentang mimpi buruk.
aku pernah mengalami mimpi buruk yang membuatku sangat lega saat terbangun.
yang membuatku agak trauma dan tidak ingin tidur lagi.
yang membuat nafasku tersengal dan jantung berdegup kencang sampai jalanku oleng.
yang membuatku ingin menangis lega saat terbangun dan meyakinkan diri bahwa yang tadi adalah mimpi.

aku pernah membaca dan diberitahu orang,
bahwa mimpi buruk sebaiknya diceritakan, dan jangan disimpan sendiri.
aku tidak mengerti apa alasannya.
mengapa harus cerita?
kenapa tidak dilupakan?

yah tanpa mengetahui alasannya aku menceritakan setiap mimpi burukku setiap habis mengalami.
aku ulang2 ceritaku yang semakin lama semakin tidak lengkap.
meski tidak lengkap aku masih ingat bagaimana detailnya. aku memang buruk dalam berdeskripsi.
tanggapan orang2 pun berbeda-beda.
ada yang ikut bergidik, ada yang tertawa dan menganggap bodoh, ada yang acuh tak acuh.

tapi yang aku rasa tiap kali bercerita adalah aku semakin yakin itu hanyalah mimpi.
dan itu bukan pertanda apa-apa.
memang tidak menyenangkan dan tidak bisa lupa sepenuhnya, tapi
dengan bercerita dan mengulang-ulang aku merasa menjadi lebih ringan.
dan bahwa mimpi itu hanyalah... ..mimpi.
haha, tidak nyata dan membuat lega.
menyeramkan memang, tapi yasudahlah.

yang paling aku benci adalah bila aku sadar sedang bermimpi dan tidak bisa bangun.
begitu bangun rasanya mual dan ingin muntah.
badan gemetar, keringatn dingin.
pusing dan butuh udara.
hoek.

jadi, jangan takut untuk menceritakan mimpi burukmu :)
atau jadikan itu sebagai inspirasi dalam berkarya :D

No comments: