Monday, November 08, 2010

hari tujuh. ELSEWHERE (usaha sinopsis)

aku paling bodoh bila diminta membuat sebuah review atau menulis sinopsis. bahkan menceritakan sebuah film yang baru saja aku tonton dan aku sangat suka dengan film itu, bila ditanya 'kenapa suka? emang apa yang bagus dari film itu?' aku ga bisa jawab. cuma bilang ;ya bagus aja, nonton itu bikin aku seneeeeng hahahaaha.' sama sekali ga menjawab. kalaupun gw diminta ceritain sebagian filmnya dan berusaha untuk ga jadi spoiler, pasti ujung2nya jadi kebanyakan ngomong, nyeritain yang harusnya jadi kejutan ato malah nyeritain detail-detail yang harusnya ga usah di-mention...hahaha ga banget deh.

tapi, aku pengen banget bikin review soal buku satu ini. aku sukaaaaa banget, tapi bingung gimana bikin sinopsisnya. yang jelas pas baca buku ini ge merasa sangat senang, terharu karena cara nulis dan nyeritainnya, tokoh-tokohnya juga dialog tokohnya tu, keren dan pas. ah aku pengen tinggal di dalam buku ituu.
yah mungkin buat tiap orang beda-beda ya, mungkin kalo kaka saya baca dia ga akan merasa apa-apa haha.

oke, jadi buku ini judulnya ELSEWHERE, karangan Will Shetterly, tahun 1991.
nemu buku ini di toko buku sepi lantai paling atas Pasaraya Grande Blok M. buku second tapi covernya benar-benar mengundang, settingannya juga benar-benar selera saya.


fairy, dark, magic, elf, mix world, mix race, dark, magic, fairy, faery, elves, bronx..uh uh uh

tokoh utamanya anak cowo, umur 12-13an deh, namanya Ron.
kesan pertama : tengil. bukan tipe cowo bandel idaman, tapi mungkin ade yang seru.
dia ke Bordertown nyari kakanya yang pergi dari rumah.

setting tempat : Border Town. kota antara dunia kita (the World) dan kota elf (Elflands).
kotanya gelap, gw bayanginnya tuh kaya bronx nya london. tapi ga medieval kaya Diagon Alleynya harpot.
dan Castle Pup, tempat dimana anak-anak berbagai ras, elf murni, manusia dan halfies berkumpul tanpa masalah. (karena biasanya tiap ras jarang bisa ngumpul bareng tanpa ada 'slack')

orang-orang / penghuni : ada manusia (turis, pelarian), elf murni, dan halfies (oh i love semua yang berbau mix race, halfies, anything)

cerita:
ron nyampe di bordertown tanpa tau mau tinggal dimana, cuma berbekal keyakinan kakanya ada di sana. dia ketemu mooner dan tinggal di castle pup.
terus dia untuk hidup di b-town, kerja sambilan di toko buku namanya ELSEWHERE. (uh, semakin cinta.. toko buku bekas, magic, dark, dusty old books, ber rak-rak, tumpukan-tumpukan, uh uh uh...).
ceritanya tentang kehidupan sosial ron di castle pup, temen-teman baru, petualangan di hutan Nevernever dan air merah Mad River yang membuat gila. konflik-konflik dengan teman baru, putus asa, bingung, dan bukti teman yang sebenarnya.


oke. benar-benar sinopsis yang buruk bukan? pas nulis ini dalam kepala gw terus ngedit-ngedit apa yang ditulis apa yang jangan. apa yang sebaiknya dibaca sendiri dan apa yang sebaiknya dikasih tau. tapi hasilnya jelek banget hahahaha. 
aaaaahh gimana cara nulis sinopsis yang baik??
padahal gw sendiri tipe yang beli buku berdasarkan sinopsis dan covernya hahaha.

pokonya, Elsewhere bagus. mungkin semuanya cuma pandangan subjektif gw doang tapi menurut gw buku ini bagus banget. hahahaahahaha




No comments: