Friday, October 08, 2010

nulis nulis curhat curhat

kalo menurut banyak orang cara mengeluarkan uneg-uneg dan keresahan hati adalah dengan cara membagi dan menceritakan kepada orang lain lalu mereka akan merasa lega, kalo saya adalah dengan cara menuliskannya.

kalo abis mengalami suatu kejadian yang saya anggap penting dan membuat saya kepikiran ampe susah tidur, maka dengan cerita aja ke teman dekat ternyata tidak terlalu membantu. saya kira bisa lega atau plong, tapi ternyata masih kepikiran. masih terus kepikiran sampe saat-saat menunggu tidurpun jadi bikin gelisah dan malah timbul susunan-susunan kata yang otomatis terangkai menjadi kalimat bercerita yang seru dan lancar. 
awalnya bila kata-kata yang terangkai itu muncul saya sudah terlalu lelah untuk menuliskannya lalu saya bawa tidur dengan harapan dapat menulis kembali rangkaian kalimat tersebut besoknya, tapi ya tentu saja kata-kata itu sudah hilang. tapi belakangan ini, saat suatu pikiran muncul dan kata-kata terangkai dengan otomatis, saya memaksa diri untuk duduk di depan komputer, membuka 'notebook' lalu menuliskannya. tentu saja tulisan itu tercurah begitu lancar, semua yang ingin saya utarakan kepada orang yang tersangkut semuanya saya tumpahkan seakan-akan saya sedang menulis surat kepada hal yang mengganggu pikiran saya itu. pada saat menulis, saya memang ada niat untuk mem-post tulisan saya itu di notes facebook, tetapi saat selesai menulis dan tidur (langsung tidur dengan tenang dan enteng), saat bangun semua uneg-uneg sudah hilang dan tidak ada lagi niatan untuk mempublikasikan notes saya itu di facebook. hmm, di facebook tidak tapi mungkin di blog saya, kapan-kapan. haha.

memang agak mengganggu dan menyebalkan saat inspirasi menyusun kata dan cerita datang saat pikiran melayang menunggu tidur, tapi menyenangkan juga sih saat kata-kata itu tercurah lancar dan dapat keluar pada saatnya. semoga lain kali saya bisa menulis cerita hingga tuntas dari awal sampai akhir.

aku adalah tipe penulis yang mendapatkan inspirasi dari perasaan yang aku rasakan dan pengalaman yang pernah aku jalani. aku sulit untuk mengarang total sesuatu padahal aku sangat mendambakan kemampuan untuk mengarang total itu. ...mungkin dengan lebih banyak latihan aku bisa? hehehe. amin!








by Mariska Sheila Kellani on Saturday, December 26, 2009 at 2:28am

No comments: