Tuesday, November 09, 2010

hari sembilan. Sigur Ros, Heima lalu Iceland.

aku masih ingat waktu itu tanggal 15 Desember 2009, pukul 11 malam, di kontrakan teman baik saya.
waktu itu sedang rame di rumahnya, dan tiba-tiba omongan beralih menjadi membahas film Heima. awalnya saya tidak tahu itu apa dan mereka berkata ,"aaaaahh!! lu harus liaaatt!! itu film bikin gitiiing!!"
hahaha, oke itu menarik..
lalu Heima di putar di komputernya malam itu juga.

sebelumnya, pertama kali aku mendengar lagu Sigur Ros adalah yang berjudul Staralfur. indah. familiar. nyaman. waktu itu tahun 2005 akhir, aku mendengar Staralfur di kosan pacar ku (sekarang sudah mantan, tentu saja). lalu di tahun 2008an aku mendengar kembali Staralfur di ending sebuah film berjudul Girl at the Cafe (Bill Nighy), kalau tidak salah. saat itu aku belum pernah mendengar lagu Sigur Ros yang lain.
tahun 2009, di saat semua sahabatku lulus kuliah, dan aku masih cuek bermain-main di kampus, aku menjadi dekat dengan teman yang sama-sama lulus telat. ternyata dia sudah mendengarkan Sigur Ros sejak SMP dan punya lengkap lagu-lagunya dari semua album. tapi saat itu aku masih belum serius menikmati Sigur Ros, hanya selewat.

sejak menit pertama, Heima langsung membuatku merinding sampai jantung.
merinding yang konstan. aku memang suka sensitif berlebihan.
menerawang dan menahan nafas saat melihat air sungai yang mengalir terbalik. (ini seharusnya serius tapi jadi pengen ngakak).
oke.



selama menonton Heima aku diam. pikiranku benar-benar terserap ke sana.
melihat dan mengingat semua detailnya.
memperhatikan semua ekspresi orang-orang di dalamnya.
menikmati detail alam dan kota reykjavik dan sekitarnya.
aku jatuh cinta pada Iceland.

sudah berganti hari saat Heima selesai.
aku ingat, 16 Desember 2009, aku bersumpah 5 tahun lagi aku akan menapakkan kaki di Iceland.
dan aku tahu itu pasti akan terwujud.
aku akan tinggal di Iceland selama 2-3 tahun.
pasti.


sejak nonton Heima, aku baru intens mendengarkan Sigur Ros sebelum tidur. ditambah lagi ternyata aku juga punya teman yang mengumpulkan lagu-lagu karya pemusik Iceland. haa, mungkin memang telat baru mengikuti mereka sekarang, tapi mungkin memang sekarang saat yang tepat.

sejak nonton Heima aku tahu apa yang harus aku lakukan kalau sedang emosi tinggi dan butuh bantuan pernapasan. dengarkan Sigur Ros. nonton Heima. hahaha :D

sejak dulu aku memang tidak pernah bermasalah dengan lagu yang liriknya tidak aku mengerti, selama musiknya enak berarti lagu itu enak. jadi meski tidak mengerti isi lagunya, Sigur Ros tetap tidak terkalahkan. 

staralfur
                 glossoli   
                                    gobbledigook
                                                             se lest
                                                                            heysatan
                                                                                             agaetis byrjun
                                                                                                                         vaka
                                                                                                                                     hoppipolla
                                                                                                                                                         ...

No comments: