Tuesday, November 02, 2010

day two. bandung - jogja - bali.

23 juli kemaren gw backpacking. rencananya cuma mau ganti tempat goler-goler dari rumah pindah ke rumah tante di jogja.
di kereta ekonomi bandung-jogja (kiara condong - lempuyangan, Rp24.000,- saja), ngobrol sama 3 cowo, anak-medan yang kuliah di bandung. tadinya gw kira bisa main ma mereka kalo mereka lama di jogja, gataunya mereka cuma di jogja sehari trus lanjut ke bali. hmm, gw selalu berencana ke bali naik kereta nih dan anak-anak ga pernah bisa, jadi tampaknya ini kesempatan gw. jadi lah saya ikut, hahaha benar-benar spontan.

naik kereta ekonomi itu memang menyenangkan. bisa ngeliat banyak orang dari sudut pandang berbeda, makanan dan cemilan terus ada, bisa ngobrol dan kenalan ma orang-orang baru.
ibu-ibu yang duduk depan gw ternyata punya kosan, dan mas-mas yang duduk di sebelah si ibu ternyata lagi butuh tempat kos baru, jadilah mereka tukeran nomer hp hahaaha seneng liatnya.
trus si ibu cerita, dulu pernah punya pacar orang itb, baik banget, kaya, sayang banget ama si ibu, suka bawain buah anggur, tau aja buah anggur mahal dan itu kesukaan si ibu. tapi si ibu ga jadi nikah ama si anak itb ini soalnya si anak itb minta si ibu buat nungguin dia lulus dulu 2 tahun kemudian, baru mau dilamar. yah, si ibu gamau nunggu, jadilah dia ninggalin si anak itb.
akhirnya si ibu nikah sama drummer band lokal. katanya sih si ibu ga suka-suka banget, si ibu naksirnya sama si vokalis, tapi berhubung pas ngumpul-ngumpul vokalisnya ngajak ngobrol cewe lain, dan yang ngajak ngobrol si ibu adalah si drummer, jadi aja si ibu akhirnya nikah sama si drummer.
sekarang si ibu udah punya anak satu, anak cowo kelas 2 SMA. manja banget, pengen apa-apa harus dibeliin. si ibu jago bisnis dan berinvestasi, tapi suaminya yang dulunya drummer sekarang jadi apa saya lupa. pokonya si ibu inisiatif buka toko, buka kosan, dan satu pun ga didukung sama si suami. suaminya cuma bilang semua itu percuma, ga bakal bisa kaya, tapi usaha lebih juga ngga. jadi si ibu kalo suaminya lagi nyebelin selalu bilang ,"coba dulu aku nikah sama si orang itb, pasti dia sekarang udah jadi orang kaya dan aku ga perlu susah-susah begini. punya suami ko ngga ngedukung istri." yahaha, dalem hati gw bilang 'ya ibu sendiri kenapa ga sabaran, masa nunggu 2 taun aja gamau hahahaa...' yah, tapi seru juga denger cerita orang lain, apalagi orang yang kemungkinan ga bakal ketemu lagi, semua cuma kisah 10 jam di atas kereta.

nyampe jogja, jam setengah 7. akhirnya gw dan 3 cowo itu jalan kaki ke malioboro, nyari tempat sarapan. akhirnya kita berenti di angkringan soto medan, dasar ni cowo-cowo medan ke jogja aja nyarinya soto medan. yang satu mesen nasi uduk dengan tempe bacem. ga abis karena rasanya ga cocok dengan lidah medannya. LOL.
beres sarapan, kita lanjut jalan-jalan ke prambanan, biar bisa tidur di bis trans jogja.
di prambanan yah seperti biasa, foto-foto, liat-liat, duduk-duduk, dan pulangnya pada belanja.. dasar turis.. gw sih nontonin aja, orang gw ke jogja cuma bawa 220rb hahahaa.
abis dari prambanan, gw ke rumah tante dan mereka nginep entah dimana, janjian besok ketemu lagi di lempuyangan jam setengah 8 pagi karena mau naik kereta lagi ke banyuwangi.

lempuyangan - banyuwangi Rp35.000,- perjalanan 14 jam, berangkat jam 8 nyampe jam 10 malem.
dari stasiun ke pelabuhan tinggal nyebrang. naik kapal nyebrang ke bali cuma Rp6.000,- (Rp5.800,- sih), kalo arus lancar cuma sejam nyebrang, tapi kalo lagi kenceng dan berangin bisa sampe 2 jam. nyampe ke pelabuhan Gilimanuk beli nasi bungkus Rp 4.000,- saja, sambil nunggu bis ke Denpasar. bis ke denpasar Rp20.000,- perjalanan 3-4 jam. nyampe terminal bis denpasar (aku lupa nama terminalnya hehe) nyari kendaraan buat ke kuta, soalnya rencananya mau nginep di poppies. ternyata ada angkot, tapi 20.000 euy, yah karena ga ada pihan lain jadi lah naik angkot itu ampe depan poppies, yah sekitar 30-45 menit deh naik angkot.

sampe di Kuta jam setengah 5 subuh. semua gelap dan hotel dan losmen masi pada tutup resepsionisnya. ada yang buka tapi kamarnya penuh semua.
gw uda mulai cape dan udah mulai ilfil sama anak-anak ini. haaa, mereka makin geje dan ...pokonya gw cape dan ingin memisahkan diri dari mereka secepatnya hahahaha.

setelah hampir sejam keliling poppies, akhirnya kita ke pantai bentar (entah kenapa mereka bilang pokonya harus injek pantai dulu baru teserah mau ngapain lagi). setelah nginjek Kuta (dan saya tidak excited), kita jalan ke McD.
haaaa, duit gw tinggal 120rb, beli burger dan minum sisa 100rb. langsung sms temen gw yang gawe di bali dan ijin numpang tinggal dikosannya. huff, begitu dia bilang dateng aja langsung, gw langsung pamit ma cowo-cowo ini dan naik taxi ke kosan temen gw. dan taxinya 40rb huhuhuhu mahal pisan saya langsung tekor.

kosan teman saya waktu itu enak banget. tipe yang sekamar tapi tingkat gitu kaya apartmen. atas ruang tidur, bawa wc dan dapur. begitu gw dateng temen gw cabut berangkat kerja. dan gw selama 2 hari diem di kamar karena emang ga minat jalan-jalan di bali, gw hanya pengen tau aja naik apa dan berapa ongkos ke bali ala ekonomi, hee.

hari ketiga saya samper teman saya yang juga transit di bali dan bertemu di kuta. abis itu besoknya saya balik deh. tapi ternyataa duit ga cukup buat naik bis langsung ke jogja (200.000,-) jadi saya naik bis ke surabaya dulu (130.000,-) nginep dua malem di rumah tante di Sidotopo baru lanjut naik bis ke jogja (160.000,- klo g salah) (setelah dikasih ongkos dan uang jajan sama tante hehe). sampe jogja malem, trus naik ojek ke alun-alun yang malem itu super penuh sama semua abg jogja berbaju item-item karena tenyata lagi ada konser Superman Is Dead, beuh.

akhirnya ketemu sama temen smp gw yang emang uda janjian ketemu di jogja (sebenernya gw iseng ngajak eh dianya mau, yaudah). trus jalan ke malioboro dan nyari makan. abis makan gw ke losmen mereka di salah satu gang di malioboro, naro tas trus cabut lagi. ngebir sambil main gapleh, hahaha liburan banget deh.
trus ternyata pas jam 1 mau balik ke losmen, udah dikunci losmennya hahaha. akhirnya kita bergelung di trotoar di depan circle K malioboro sampe jam 4. trus ngetok pintu losmen karena ga kuat di luar dingin dan ngantuk heuheu.
besoknya jalan-jalan main ke rumah temen gw di jogja, ampe sore trus mesen tiket bisa buat balik ke bogor (130.000,-). abis itu kita ke rumah tante gw buat naro barang, trus lanjut ngopi dan main gapleh lagi.
besoknya berangkat jam 4 sore, nyampe bogor jam setengah 10 pagi.

haaa, libur 10 hari yang padat jadwal dan padat ongkos hahaha, tapi rame sih. jadi tau lah ongkos dan waktu yang dihabiskan. dan enaknya jadi jomblo jadi bisa kemana-mana sendiri bebas ga perlu nunggu-nunggu orang, nikmatin semuanya untuk diri sendiri, pamer ke orang-orang yang sibuk dan ga sempet liburan (hahahahaa ga penting abis).

ps: gw cuma bawa 4 pasang baju dan masi ada 1 baju yang ga sempet gw pake hahahaa, (dan a lot of undies hehe)
pss: hari pertama di bali gw mens, dan bete..cih (untung ga tembus di kasur temen gw hahahaha)